Absolute ($) dan Rumus Statistik pada Ms. Excel
- Absolute
Fungsi Absolute digunakan untuk mengunci posisi kolom dan baris. Fungsi ini ditandai dengan adanya tanda $ yang berada di depan Kolom dan di depan Baris. Ada 2 fungsi yang dapat digunakan, yaitu Absolut dan Semi Absolut.
Sel absolut memiliki 3 aturan dasar :
A. Absolut
B. Semi Absolut
- Rumus/Formula Statistik
Dalam Ms. Excel terdapat banyak jenis formula/rumus yang bisa kita gunakan. Salah satu diantaranya adalah formula statistik. Rumus dalam kategori formula statistik yang paling sering digunakan adalah SUM, MIN, MAX, AVERAGE, COUNTA, COUNTIF, juga PERCENTAGE. Berikut saya akan menjelaskan tentang rumus-rumus tersebut :
Fungsi Absolute digunakan untuk mengunci posisi kolom dan baris. Fungsi ini ditandai dengan adanya tanda $ yang berada di depan Kolom dan di depan Baris. Ada 2 fungsi yang dapat digunakan, yaitu Absolut dan Semi Absolut.
Sel absolut memiliki 3 aturan dasar :
- $A1 : hanya kolom (huruf A) yang terkunci
- A$1 : hanya baris (baris 1) yang terkunci
- $A$1 : absolut mutlak, sel A1 terkunci
A. Absolut
B. Semi Absolut
- Rumus/Formula Statistik
Dalam Ms. Excel terdapat banyak jenis formula/rumus yang bisa kita gunakan. Salah satu diantaranya adalah formula statistik. Rumus dalam kategori formula statistik yang paling sering digunakan adalah SUM, MIN, MAX, AVERAGE, COUNTA, COUNTIF, juga PERCENTAGE. Berikut saya akan menjelaskan tentang rumus-rumus tersebut :
- SUM : Digunakan untuk menghitung jumlah dari data yang kita masukkan atau jumlah dari data tertentu yang ingin kita ketahui jumlahnya. Syntax SUM adalah SUM(number1;number2;) atau juga bisa dilakukan dengan SUM(blok data yang ingin dihitung) lalu tekan enter untuk mendapatkan hasil.
- MIN : MIN digunakan untuk mencari nilai terkecil dari data yang kita input. Dengan mengetikkan MIN(number1;number2;) nilai terkecil tersebut akan bisa dengan mudah ditemukan dalam data yang kita input. Atau juga bisa dengan menetikkan MIN(blok data) lalu tekan enter.
- MAX : Jika MIN digunajan untuk mencari yang terkecil, maka MAX digunakan untuk mencari nilai terbesar dalam suatu data. Formulanya hampir sama dengan SUM dan MIN, hanya saja kali ini diganti MAX.
- AVERAGE : Formula ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari data yang kita input ke Ms. Excel. Dengan syntax AVERAGE(number1;number2;) atau bisa juga menggunakan cara yang sama seperti pada formula sebelumnya.
- COUNTA : Formula ini digunakan untuk menghitung banyaknya data berupa angka yang di input. Syntax nya COUNTA(value1;value2;) atau bisa juga dengan cara seperti pada formula-formula sebelumnya.
- COUNTIF : Digunakan untuk menghitung banyaknya data dengan kondisi tertentu atau dengan karakter tertentu. Syntax COUNTIF(range;criteria).
- PERCENTAGE : Untuk mencari bentuk persen dari suatu data.
Komentar
Posting Komentar