Cara Mengatur Print Area dalam Ms. Excel
Jika pada Ms. Word kita sudah secara otomatis disediakan halaman-halaman tempat kita bekerja dan kemudian kita dengan mudah memilah mana yang akan kita print.
Dalam Ms. Excel, untuk memilah daerah yang ingin kita print, kita bisa menggunakan print area. Dan untuk pengaturan halaman, kita bisa menggunakan print titles.
Kali ini, saya ingin menjelaskan tentang kedua fitur tersebut. Silakan disimak penjelasannya.
Pertama, buka dokumen yang akan di print.
Kemudian, drag semua daerah yang ingin anda print. Lalu pilih command Print Area pada tab Page Layout, yang nanti akan muncul seperti pada gambar. Kemudian pilih Set Print Area.
Akan terbentuk garis putus-putus di tepian data yang kita atur sebagai Print Area. Seperti gambar berikut.
Jika anda ingin menghapus atau mengganti Print Area yang telah diatur tersebut, anda dapat kembali ke menu Print Area lalu klik Clear Print Area. Garis putus-putus di tepian data sebelumnya akan hilang, namun garis putus-putus yang membagi worksheet menjadi beberapa halaman akan otomatis muncul.
Untuk memunculkan garis pembagi halaman tersebut, anda juga bisa menggunakan menu Print Titles.
Setelah anda meng klik menu Print Titles, makan akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.
Bagian yang saya lingkari adalah pilihan pengaturan urutan halaman. Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan anda.
Kemudian klik Ok. Dan garis putus-putus akan muncul pada worksheet.
Jika menggunakan Print Titles, maka data yang akan muncul saat di print adalah data yang berada dalam garis-garis tersebut. Jika ada data yang keluar dari batas, maka data tersebut otomatis tidak akan muncul saat di print.
Itu tadi cara mengatur print area pada Ms. Excel. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Dalam Ms. Excel, untuk memilah daerah yang ingin kita print, kita bisa menggunakan print area. Dan untuk pengaturan halaman, kita bisa menggunakan print titles.
Kali ini, saya ingin menjelaskan tentang kedua fitur tersebut. Silakan disimak penjelasannya.
Pertama, buka dokumen yang akan di print.
Kemudian, drag semua daerah yang ingin anda print. Lalu pilih command Print Area pada tab Page Layout, yang nanti akan muncul seperti pada gambar. Kemudian pilih Set Print Area.
Akan terbentuk garis putus-putus di tepian data yang kita atur sebagai Print Area. Seperti gambar berikut.
Jika anda ingin menghapus atau mengganti Print Area yang telah diatur tersebut, anda dapat kembali ke menu Print Area lalu klik Clear Print Area. Garis putus-putus di tepian data sebelumnya akan hilang, namun garis putus-putus yang membagi worksheet menjadi beberapa halaman akan otomatis muncul.
Setelah anda meng klik menu Print Titles, makan akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.
Bagian yang saya lingkari adalah pilihan pengaturan urutan halaman. Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan anda.
Kemudian klik Ok. Dan garis putus-putus akan muncul pada worksheet.
Jika menggunakan Print Titles, maka data yang akan muncul saat di print adalah data yang berada dalam garis-garis tersebut. Jika ada data yang keluar dari batas, maka data tersebut otomatis tidak akan muncul saat di print.
Pada contoh di atas, saya mengetikkan "Jika suatu saat nanti", namun melewati garis Print Titles. Dan pada gambar kedua adalah preview saat nanti data akan di print. Bisa kita lihat yang muncul hanya "Jika suatu s". Hal ini dikarenakan kalimat tersebut tidak berada di dalam garis halaman. Jadi, pastikan data yang akan anda print berada di dalam garis halaman dan tidak melewati batas.
Kemudian, pada Print View terdapat banyak pilihan pengaturan. Anda bisa mengatur pilihan-pilihan tersebut sesuai yang anda inginkan.
Itu tadi cara mengatur print area pada Ms. Excel. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Komentar
Posting Komentar